Kesalahan ini sering dilakukan oleh Blogger pemula

Tujuan Blogging sangatlah beragam, mulai dari sekedar iseng, untuk mendokumentasikan sesuatu, ataupun sampai untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Latar belakang pemilik blog pun juga bermacam-macam, mulai dari orang yang sudah
bekerja, orang yang sudah ahli dengan teknik blogging, bahkan orang yang masih pemula dan baru mengenal dunia blogging, sehingga banyak dari mereka yang sering melakukan kesalahan ketika mereka melakukan teknik blogging.

Kesuksesan sebuah blog dapat kita lihat dari jumlah visitor blog tersebut sehingga secara berbayar, maupun menggunakan teknik SEO atau teknik MSO (Media Social Optimization).

Jika anda ingin menjadi blogger yang sukses, anda harus memiliki kemampuan teknik blogging, kemampuan untuk menulis artikel original, dan juga kemampuan optimasi untuk mempopulerkan blog anda. Untuk mempelajari kemampuan blogging bukanlah hal yang mudah perlu usaha keras, tekun terus belajar, mencoba dan tentunya anda harus bersabar. Semakin banyak referensi yang anda baca dan semakin sering anca mencoba maka anda akan terbiasa dengan teknik-teknik blogging yang baik untuk mengembangkan blog anda.


Untuk blogger pemula, mereka kadang tidak mengetahui apa yang bisa merugikan blog dan apa saja yang bisa menguntungkan blog, sehingga tidak banyak dari aktifitas blog yang mereka lakukan justri merugikan blog yang mereka kembangkan tanpa mereka sadari.
Melalui artikel ini saya ingin berbagi mengenai kesalah yang sering dilakukan oleh blogger pemula sehingga berdampak pada sulit berkembangnya blog yang mereka miliki.

Kesalahan #1. Takut melaksanakan ide-ide baru

Kita biasa melihat sebagian besar blogger pemula mengikuti ide dari blogger yang sudah sukses dan mengharapkan keberhasilan seperti blogger yang sudah sukses dan yang pasti akan menirukan blog yang sukses tersebut, lantas menerapkan ide blog yang dia rasa berhasil. Blogger pemula sangatlah cerdas tetapi tidak ingin menggunakan imajinasi mereka sendiri, ini dikarenakan mereka tidak tahu dari ide-ide baru mereka, itulah sebabnya mereka mulai mengikuti kegiatan blogger lain untuk keberhasilan mereka.

Jika kita memiliki ide baru janganlah pernah ragu-ragu untuk mencobanya. Ide anda dapat membuat banyak perbedaan dan dapat dipastikan ide baru anda akan memiliki kualitas yang berbeda dari blog yang lain. Apakah kita tidak ingin menjadi blogger yang sukses yang timbul dari ide yang smart?

Kesalahan #2. Menerbitkan artikel hasil copy paste

Melakukan copas memang bukan hanya dilakukan oleh blogger pemula, blogger berpengalaman kadang melakukannya karena mungkin rasa malas atau hanya untuk sekedar eksperimen, namun melakukan copy paste artikel orang lain juga sering dilakukan blogger pemula.

Blogger pemula melakukan copas bisa jadi karena ketidaktauan mereka, serta kurangnya informasi yang mereka dapatkan tentang kerugian copy paste, sehingga membuat mereka merasa baik-baik saja ketika mereka melakukan copas untuk diterbitkan di blog mereka. Di awal bisa jadi tidak terjadi apa-apa, namun ketika blog hasil copas anda semakin populer dampaknya akan terasa, banyak orang yang merasa anda rugikan yang melaporkan setiap artikel blog anda yang dianggap hasil copas, semakin banyak laporan yang diterima google tentu potensi blog anda akan mendapatkan penalty atau hukuman dari google akan semakin besar.

Ada banyak blog hasil copas yang mampu tumbuh menjadi blog populer namun pada akhirnya blog tersebut dihapus oleh google, jika pun tidak, setiap artikel pada blog tersebut akan sulit ditemukan di hasil pencarian.

Kesalahan #3. Blogger pemula kurang meluangkan waktu untuk belajar

Blogger pemula sering menghabiskan waktu untuk mempromosikan blog mereka di Facebook dan situs sosial lainnya tanpa penelitian tentang visitor mereka, mereka tidak tahu jika sharing hingga 100 link di Facebook dan tweeter 10 kali dipostingan tunggal akan mendapatkan hasil negatif dan inilah yang dinamakan spam.

Jadi mulailah belajar cara-cara dari Blogger Profesional bagaimana mempromosikan sebuah blog dengan cara yang layak, dan hal-hal lain akan baik-baik saja tanpa upaya yang berlebihan. Belajar tentang SEO dan lalu lintas generik adalah teknik yang mengajarkan kita cara untuk meningkatkan blogging yang baik dan ramah baik pengunjung blog maupun mesin pencari.

Kesalahan #4. Mengganti nama domain blog yang sudah cukup populer

Saya sering sekali mendapatkan keluhan dari beberapa blogger lain tentang trafik blognya turun setelah nama blognya diganti dengan nama yang baru (misal dari anaksukaweb.blogspot.com menjadi anakweb.blogspot.com), tanpa memperhitungankan dampatnya penggantian nama domain blog tersebut. Bagi blogger baru penggantian nama domain blog sebelumnya kurang cocok sehingga mereka memutuskan untuk mengganti nama domain blog lama yang mereka miliki dengan nama blog yang baru yang lebih cocok.

Jika blog anda masih terbilang blog cukup baru yang belum terlalu mendapatkan banyak trafik serta belum populer, mengganti nama blog tentu bukanlah masalah, karena tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan blog anda. Namun jika blog anda adalah blog yang sudah cukup umur, populer serta sudah dibanjiri oleh pengunjung, penggantian nama sama saja mematikan popularitas blog anda.

Jika blog anda di ganti menjadi nama blog baru, maka itu artinya blog anda sama halnya dengan blog yang baru dibuat, meskipun jumlah artikel pada blog tersebut sudah cukup banyak. Dampaknya tentu saja anda harus melakukan optimasi dari nol lagi. Visitor dan atribut berharga blog lainnya seperti (alexarank, pagerank, dll) akan kembali ke awal. Oleh karena itu pikir-pikir dulu deh jika anda ingin mengganti nama domain blog anda.

Kesalahan 5. Memasang widget secara berlebihan

Memasang widger memang bukan sesuatu yang dilarang namun anda harus tau semakin banyak widger yang terpasang pada template blog anda itu berarti blog anda akan semakin berat ketika diakses, semakin berat maka optimasi seo onpage blog anda akan semakin buruk baik di mata pengunjung maupun di mata mesin pencari, artinya lambat laun blog anda akan tenggelam di hasil pencarian sehingga bisa saja mempengaruhi trafik blog anda yang akan semakin menurun.

Analisa yang dilaporkan oleh kissmetrics tentang loading time: bahwa 40% pengunjung website akan mengabaikan blog jika loading blog melebihi 3 detik. artinya sebagian besar pengunjung yang mengakses blog anda akan langsung keluar meninggalkan blog anda karena loadingnya dianggap terlalu lama.

Jika blog yang anda buat untuk konsumsi publik dan anda menginginkan blog tersebut lebih mudah ditemukan di hasil pencarian, jangan sekali-kali memasang widget secara berlebihan yang akan memberatkan loading blog anda, pasanglah widget sewajarnya yang memang benar-benar dibutuhkan untuk blog anda.

About | Contact | Privacy Policy