Bahasa Pemrograman untuk membuat Aplikasi Web bagi Pemula

Bagi pemula yang berkeinginan membuat sebuah halaman web, tentunya akan kebingungan ketika mereka memutuskan untuk mempelajari hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun aplikasi web. 
Pertanyaan yang paling umum adalah,
harus mulai dari mana ? apa saja yang harus saya persiapkan ? dan apa yang harus saya pelajari ? mudah-mudahan artikel berikut bisa menjawab rasa penasaran anda.


Artikel ini khusus dibuat untuk pemula yang baru mulai belajar cara membuat website, sebenarnya hal utama yang harus anda pelajari untuk membuat aplikasi web adalah bahsa pemrograman web itu sendiri. Bahasa pemrograman web yang menyusun struktur kode halaman situs, ternyata itu lebih dari satu bahasa pemrograman, jika anda ingin menjadi seorang ahli, mau tidak mau bahasa pemrograman tersebut wajib anda kuasai meskipun lebih dari satu bahasa pemrograman.
Tetapi tenang saja karena bahasa pemrograman penyusun web adalah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dikuasai dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Hal terpenting jika anda benar-benar serius ingin mempelajarinya, silahkan anda persiapkan diri anda, dan saya sarankan jangan mudah putus asa, jangan terburu-buru dan ingat anda harus tetap konsisten untuk terus mempelajari bahasa pemrogramanan web, saya yakin anda akan cepat menguasainya.

Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi web untuk pemula

Berikut saya jabarkan bahasa pemrograman apa saja yang harus anda kuasai agar mampu membuat halaman web sendiri.
#1. HTML, ada yang berpendapat bahwa ini bukan bahasa pemrograman namun lebih menganggap sebagai bahasa markup, apapun itu jika berhubungan dengan halaman situs, html merupakan salah satu script pokok yang wajib di kuasai untuk mengembangkan aplikasi web, struktur dasar html biasanya terdiri dari kumpulan tag, tag adalah perintah html yang dapat diterjemahkan oleh browser, penulisan nama tag biasanya diapit oleh tanda siku, tag pada umumnya terdiri dari tag pembuka dan penutup, contohnya <nama_tag>................</nama_tag>, <nama_tag> merupakan tag pembuka dan </nama_tag>  merupakan tag penutup, untuk isi pada umumnya diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.

#2. CSS (Cascade Style Sheet), dalam hal ini juga banyak yang berpendapat mengkategorikan css ke dalam bahasa markup dan ada juga yang menganggap bukan dua-duanya, yang jelas cascade style sheet adalah script code web yang berfungsi untuk mendekorasi dan mengatur tata letak tag-tag html, seperti mewarnai tulisan, mewarnai background, mengatur tata letak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan mendesain dan mengatur tata letak tag html.

#3. Bahasa Pemrograman Server Web, merupakan script yang di eksekusi di sisi server yang berguna untuk membantu mempermudah  dan mempercepat manipulasi script HTML, jika dalam script web terdapat bahasa server, bahasa server tersebut akan diterjemahkan oleh webserver menjadi kode HTML.
Contoh bahasa server yang bisa anda kuasai adalah bahasa pemrograman PHP, ASP, JSP, tetapi yang paling populer adalah bahasa pemrograman PHP. Saya lebih menyarankan untuk menguasai PHP jika anda punya minat ingin membuat halaman website sendiri.

Adapun beberapa kelebihan PHP:
1. PHP bersifat multiflatform, kita bisa menjalankan PHP di sistem operasi apapun, contoh windows/linux/mac OS dan sistem operasi lainnya.
2. PHP bersifat open source dan gratis, dengan menggunakan PHP kita tidak perlu membayar license.

#4. Bahasa Pemrograman Java Script, merupakan script code web yang digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif, seperti membuat menu ketika menu diklik akan memunculkan beberapa sub menu, sebuah tombol ketika mouse diarahkan berubah warna, reaksi-reaksi lainnya ketika pengguna berinteraksi dengan halaman web, itu semua menggunakan java script. Intinya java script digunakan untuk membuat halaman situs anda menjadi lebih interaktif.

Untuk membangun aplikasi web, ke empat bahasa pemrograman diatas wajib anda kuasai, khusus untuk bahasa pemrograman CSS, Server web dan Java Script nanti akan dibungkus oleh bahasa pemrograman HTML. Ketiga bahasa pemrograman tersebut akan disisipkan ke dalam script HTML untuk menyusun sebuah halaman web.

Saran pembuatan aplikasi web bagi pemula

Salah satu software yang dapat membuat halaman web dengan mudah adalah DreamWeaver, tetapi alangkah baiknya untuk pemula jangan memulai dengan hal-hal gampang dan instan, pemula sebaiknya mempelajari struktur dasar lebih dalam lagi, dengan memahaminya penggunaan tool semisal DreamWeaver itu perkara mudah, yang penting kita benar-benar memahami bahasa pemrograman web secara mendalam. Saya yakin anda akan menjadi programmer web yang handal.
About | Contact | Privacy Policy